Fitur-Fitur dalam unity 3D beserta pengertiannya


Fitur-Fitur di dalam Unity3D :
1. Tab Hierarchy : Pada tab ini berfungsi untuk memasukkan object yang akan tampil di game kita
2. Tab Inspector : pada tab ini digunakan untuk mengedit property object yang diklik pada komponen  object yang berada di Tab Hierarchy, pada Tab ini juga digunakan untuk menyunting dan menambahkan komponen-komponen object, seperti Script
3. Tab Project : Berisi semua bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan game kita, dibagian ini sebagai tempat berbagai macam bentuk komponen seperti Folder, Animasi, Script, Image, Object3D, Assets, Material, dan masih banyak lagi
4. Tab Console  : Pada bagian ini adalah tempat penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script
5. Tab Scene  : ini berisi ruangan / tempat dimana kita meletakan komponen seperti Camera, Terrain, Object, dll. Pada Tab ini kita melakukan penempatan atau pengerjaan game secara keseluruhan dengan object yang bearada di Tab Assets
6. Tab Game  : Ini sebagai tempat Game di uji coba, dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play

[ Unity3D Versi 5.0.2f1 ]
  • Terdapat beberapa Menu dari Menu Bar :
– File :
*New Scene  : Untuk membuat tempat penyimpanan adegan game
*Open Scene  : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene  : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As  : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project  : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project  : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project  : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build & Run  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould  : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit  : Untuk keluar dari Unity
– Edit :
*Undo  : Digunakan Untuk Membatalkan perintah
*Rendo  : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut  : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy  : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate   : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete  : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected  : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected  : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find  : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All  : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences  : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules  : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play  : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause  : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step  : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection  : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings  : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings  : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game
– Assets :
*Create  : Digunakan untuk Membuat Assets baru
*Show in Explorer  : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open  : untuk Membuka Assets
*Delete  : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets  : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package  : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package  : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene  : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies  : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh  : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport  : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All  : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater  : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project  : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment